SEJARAH PROGRAM STUDI

Sejarah Singkat Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran (MICE)

 

Politeknik Negeri Medan yang berlokasi di Jalan Almamater No.1 Kampus USU Medan didirikan pada tahun 1982. Politeknik Negeri Medan merupakan satu dari enam Politeknik Negeri yang pertama kali didirikan di Indonesia. Sampai dengan saat ini Politeknik Negeri Medan memiliki 2 bidang keahlian yaitu rekayasa (engineering) dan tata niaga (commerce).

Pada awal berdirinya Politeknik Negeri Medan memiliki 4 Jurusan dengan 8 Program Studi, namun dalam perkembangannya saat ini Politeknik Negeri Medan sudah memiliki 6 Jurusan dengan 20 Program Studi yang terdiri dari program D3, D4 (Sarjana Terapan), dan S2 Terapan. Keseluruhan Program Studi yang ada sudah terakreditasi. Salah satu dari 20 Program Studi adalah Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran atau yang lebih dikenal dengan Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) dengan jenjang D4 (Sarjana Terapan) yang berdiri sejak tahun 2007 di bawah Jurusan Administrasi Niaga dan telah memperoleh akreditasi A pada tahun 2020 .

Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) adalah program studi yang membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk merancang maupun menyelenggarakan event. Adapun profil lulusan Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) adalah :

  1. Event Manager
  2. Marketing Communication Manager
  3. Event Entrepreneur
  4. Liaison Officer
  5. General Officer

Pemerintah Indonesia menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas pengembangan perekonomian. Dengan ditetapkannya kota Medan sebagai salah satu dari 10 destinasi MICE di Indonesia maka peran Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran (MICE) Politeknik Negeri Medan akan sangat besar dalam mendukung pengembangan bisnis pariwisata di Sumatera Utara, dikarenakan MICE dengan pariwisata mempunyai keterkaitan dalam aktivitasnya.