SEJARAH PROGRAM STUDI

SEJARAH BERDIRINYA MICE

MICE adalah akronim dari “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” (Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam bidang industri pariwisata atau pameran. MICE memang merupakan istilah yang terdengar asing dan agak sulit mencari padanan istilah dalam bahasa indonesia. Menurut Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM.108/HM.703/MPPT-91 menyebutkan MICE dengan istilah Usaha Jasa Konverensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran.

sementara itu Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran diartikan sebagai usaha dengan pokok memberikan jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan) untuk membahas masalah – masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Pengertian tersebut mengandung pemahaman bahwa usaha pokok adalah konvensi, namun terkait dengan usaha tersebut, kegiatan konvensi dapat saja diikuti oleh kegiatan perjalanan insentif maupun pameran. Empat kegiatan yang ada dalam MICE merupakan proses yang terintegrasi yang umumnya kemudian masuk dalam kegiatan pariwisata secara keseluruhan.

walaupun telah dijelaskan bahwa kegiatan MICE masuk dalam kegiatan pariwisata namun dalam pelaksanaannya banyak hal yang masuk dalam kegiatan kesekretariatan dan penanganan Administrasi Bisnis. Itu sebabnya kompetensi sumber daya manusia lingkup bisnis ini tidak cukup hanya diisi oleh sumber daya manusia yang berlatar pendidikan pariwisata, tetapi lebih besar dari SDM bidang Administrasi Bisnis.

Di Indonesia, penyelenggara pendidikan formal untuk MICE dalam bentuk Program Studi masih tergolong baru. Hanya ada di Politeknik Negeri Jakarta, Program Studi MICE Diploma IV (D-IV) dibuka sejak 2005.

Mengingat pentingnya keberadaan SDM MICE yang handal dan masih sedikitnya penyelenggara pendidikan dan pelatihan yang mempersiapkan SDM MICE tersebut, Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan merasa tertarik untuk membuka PS MICE di Medan. Untuk itu, pada tahap awal kami melakukan studi kelayakan untuk mengetahui kebutuhan dan minat terhadap PS MICE.