TIPS KOMUNIKASI DALAM MASA PANDEMI

TIPS KOMUNIKASI DALAM MASA PANDEMI

Hi sobat MICER !

Saat ini kita sedang mengalami yang namanya Pandemi Covid-19 yang membuat sistem perkuliahan maupun pekerjaan lainnya dilakukan secara online/daring. Kondisi ini mengharuskan kita sebagai mahasiswa untuk berkomunikasi dengan dosen maupun teman belajar kita lainnya melalui media komunikasi seperti Whatsapps. Sebagai mahasiswa, kalian perlu dan sangat penting untuk tetap menjaga tata krama dan sopan santun di dalam berkomunikasi via online. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dan terapkan pada saat kalian akan melakukan komunikasi via online baik kepada dosen maupun kepada staff yang ada di kampus kalian, yaitu :

  1. Waktu Yang Tepat Untuk Berkomunikasi.
  2. Ucapkan Salam terlebih dahulu sebelum memulai pesan/percakapan.
  3. Ucapkan “Maaf … ” walaupun kalian tidak salah apa-apa, contohnya ” Maaf mengganggu waktunya pak/ibu”.
  4. Perkenalan Diri Seperti, sebutkan Nama, NIM, Kelas kalian baru kalian dapat memulai pertanyaan yang akan kalian tanyakan.
  5. Selalu gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
  6. Sampaikan pertanyaan/keperluan kalian dengan singkat,pada, dan jelas.
  7. Hindari kalimat yang terkesan memerintah. maksudnya adalah hindari kalimat dimana kalian yang menentukan waktu dll kepada dosen maupun staff kecuali beliau yang memintanya langsung kepada kalian. Lebih bijaknya kalian tanyakan saja kapan dosen tersebut bisa kalian temui. dan apabila kalian sudah sepakat pada dosen baik mengenai jadwal jumpa atau sebagainya usahakan kalian datang tepat waktu dan jangan sekali sekali terlambat atau sampai dosen yang jadi menunggu kalian.
  8. Tutup percakapan dengan ucapan salam dan jangan lupa untuk mengucapkan “terima kasih”.
  9. Jangan mengirimkan pesan yang sama berulangkali.
  10. Jangan mengirim pesan menggunakan voicenote/pesan suara.
  11. Gunakan photo profil yang sopan dan etis di akun sosmed kalian disaat kalian berhubungan dengan dosen maupun staff lainnya.

Sekian beberapa Tips untuk berkomunikasi yang baik, tips ini bisa kalian gunakan baik dalam kondisi PANDEMI COVID-19 maupun setelah Pandemi ini berakhir.

 

*Tetap Jalankan PROKES sesuai anjuran Pemerintah kita ya agar PANDEMI ini cepat BERAKHIRR…

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *